Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Etnobotani Jamu Tradisional Masyarakat Di Kecamatan Metro Barat Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA/MA

Nurlillah, Revi (2024) Studi Etnobotani Jamu Tradisional Masyarakat Di Kecamatan Metro Barat Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Revi Nurlillah - 2001080019 - T. BIOLOGI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pengobatan tradisional sudah turun-tumurun dilestarikan oleh masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan. Jamu merupakan warisan budaya bangsa yang sudah digunakan secara turun-temurun yang terbuat dari bahan alami. Faktor pendorong penggunaan jamu sebagai obat tradisional yaitu harapan hidup yang tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Berdasarkan fenomena tersebut membuat peneliti tertarik untuk menganalisis tentang etnobotani jamu tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis jenis tumbuhan, bagian tumbuhan yang digunakan, cara pembuatan dan khasiat, dan persepsi masyarakat terhadap jamu tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdata 21 jenis tumbuhan yang terdiri dari 14 famili. Bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah rimpang. Pengetahuan masyarakat tentang jamu tradisional berlandaskan pada budaya/ tradisi yang telah turun-temurun. Sebagain besar tumbuhan yang digunakan sebagai bahan dasar jamu tradisional diperoleh dengan cara membeli di pasar. Masyarakat percaya dengan mengkonsumsi jamu tradisional dapat menjaga kesehatan badan.

Kata kunci: Etnobotani, Jamu Tradisional, Kecamatan Metro Barat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:06
Last Modified: 17 Jul 2024 02:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9780

Actions (login required)

View Item View Item