Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di SMP Negeri 3 Batanghari Kab. Lampung Timur

Yusri’ah, Faridatul (2024) Implementasi Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di SMP Negeri 3 Batanghari Kab. Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Faridatul Yusri'ah - 2001011039 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kondisi saat ini, akhlak generasi muda banyak yang mengalami kemerosotan, baik dari etika, moral dan sikap prilakunya. Terlebih ketika seseorang tersebut menjadi peserta didik atau siswa di sekolah. Dalam lingkup sekolah, peserta didik tidak hanya semata-mata hanya untuk belajar pengtahuan, tetapi peserta didik harus belajar menghadapi situasi-situasiyang bersangkutan dengan kehidupan pribadi maupun masyarakat umum. Untuk mengadapi, situasi tersebut tentunya perlu adanya bimbingan,arahan, dan proses pembinaan untuk mengbah perilaku siswa yang menyimpang dari akhlak mulia tersebut.proses pembinaan tersebut pasti mendapatkan pengaruh baik dari eksternal maupun internal yang nantinya akan menghasilkan dampak yang baik dari setiap proses pembinaan tersebut.

Penelitian ini mempunyai fokus penelitian yaitu proses pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 3 Batanghari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Implementasi Metode Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 3 Batanghari Kab. Lampung Timur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan mendiskripsikan suatu data yang diperoleh dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukan bahwa implementasi metode pembinaan akhlak siswa yang dilakukan di SMP Negeri 3 Batanghari menggunakan empat metode yakni, keteladanan dengan memberikan contoh kepada siswa untuk senantiasa melakukan hal-hal baik seperti bertutur kata yang baik saling menghormati dan menyapa dengan bahasa yang sopan, pembiasaan dilakukan dengan proses penanaman sifat-sifat baik yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan seperti sholat dzuhur berjamaah di mushola sekolah, dan perhatian yang lebih menekankan pada pemahaman guru terhadap aspek perkembangan dan psikologis siswa. Serta nasihat yang disampaikan melalui sebuah kisah agar mampu menarik perhatian siswa yang terkandung didalamnya. Nasihat yang diberikan juga harus mampu membangun semangat atau motivasi kepada siswa dalam meningkatkan kepribadian.

Kata Kunci : Akhlak, Pembinaan, Implementasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:10
Last Modified: 17 Jul 2024 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9786

Actions (login required)

View Item View Item