Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kitab Hidayatus Shibyan Dalam Penguasaan Ilmu Tajwid Pada Santri Kelas As-Sabrowi Pondok Pesantren Darul Ulya Metro Timur

Syamsuddin, Amir (2024) Implementasi Kitab Hidayatus Shibyan Dalam Penguasaan Ilmu Tajwid Pada Santri Kelas As-Sabrowi Pondok Pesantren Darul Ulya Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Amir Syamsuddin - 2001011013 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah swt, yang di wahyukan dalam bahasa Arab kepada Nabi Muhammad Saw dan membacanya bernilai ibadah. Umat Islam dituntut untuk belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.Ilmu yang mempelajari hukum bacaan dalam Al-Qur’an dan tata cara membaca yang baik dan benar adalah ilmu tajwid. Ilmu ini wajib dipelajari oleh setiap Umat Islam karena Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Muzammil (73): 4 yang artinya bacalah Al-Qur’an dengan tartil. Tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila dalam proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik. Pondok Pesantren Darul Ulya Metro Timur dalam mengajarkan ilmu tajwid menggunkan Kitab Hidaayatus Shibyan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Ustadzah dalam memberikan pengajaran kitab Hidayatus Shibyan sudah dilaksanakan dengan baik untuk mengetahui Implementasi Kitab Hidayatus Shibyan dalam penguasaan ilmu tajwid santri. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu teknik wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi untuk mendapatkan data-data tentang ustadzah serta santri dalam proses pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan, semua data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deduktif.

Peneliti menggunakan penelitian kualitatif kemudian mendapatkan sumber data dari informan yaitu Ustadzah dan Santri Pondok Pesantren Darul Ulya kelas As-Sabrowi, dokumen pondok pesantren, dan bahan ajar Kitab Hidayatus Shibyan.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh Ustadzah dan Santri sudah baik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Proses tersebut membuahkan hasil yang baik,terbukti ketika imtihan (ulangan tengah semester) santri yang sudah mengaji Kitab Hidayatus Shibyan diberikan beberapa soal sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan santri dalam penguasaan ilmu tajwid. Dari 10 santri kelas As-Sabrowi, 70% santri memperoleh nilai sangat baik, 20% santri memperoleh nilai baik dan 10% santri memperoleh nilai cukup. Dengan demikian proses pembelajaran Kitab Hidaayatus Shibyan sudah berjalan dengan baik untuk meningkatkan penguasaan Ilmu Tajwid pada Santri Kelas As-Sabrowi PondokPesantren Darul Ulya Metro Timur.

Kata Kunci: Implementasi, Kitab Hidayatus Shibyan, Ilmu Tajwid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:04
Last Modified: 19 Sep 2024 02:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item View Item