Rosiyana, . (2024) Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Kelas VII MTS Al Huda Tulung Balak Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Rosiyana - 2001011098 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ice breaking di MTs yang sudah berjalan dengan baik, namun belum diikuti dengan penerapan yang baik. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu ice breaking di MTs (variabel bebas) dan motivasi belajar (variabel terikat). Motivasi belajar merupakan kecenderungan siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai hasil belajar sebaik mungkin. Motivasi belajar akan mendorong semangat belajar pada siswa dan sebaliknya kurangnya motivasi belajar akan melemahkan semangat belajar yang juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan ice breaking di MTs terhadap motivasi belajar siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa MTs Al-Huda Tulung Balak. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh/ sensus. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil penyajian data terhadap penelitian yang dilakukan maka didapatkan kesimpulan 1)motivasi belajar pserta didik pada mata pelajara akidah akhlak kelas VII sebelum penerapan ice breaking diperoleh jumah peserta didik dengan motivasi pada kategori sangat tinggi di MTs dengan persentase 67,4% tergolong dalam kategori cukup tinggi. 2) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akiah akhlak kelas VII setelah penerapan ice breaking diperoleh jumlah peserta didik dengan motivasi sangat dengan persentase 71, 7% tergolong dalam kategori cukup baik. 3) Peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII setelah penerapan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelass VII setelah penerapan ice breaking terdapat ditandai dengan nilai Sig 0.000<0.05 yang memiliki makna Ho ditolak dan H1 diterima. Peningkatan motivasi belajar akidah akhlak pada peserta didik setelah penerapan ice breaking sebesar 55,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Ice breaking, motivasi belajar, akidah akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:06 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9796 |
Actions (login required)
View Item |