Nabila, Sukma (2024) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Pada Siswa SMP Negeri 1 Batanghari Ditinjau Dari Segi Gender. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Sukma Nabila - 2001061020 - Tadris Matematika.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 yaitu kemampuan literasi. Salah satu yang tidak kalah pentingnya yaitu kemampuan literasi matematis. Menurut hasil pra survey bahwa kemampuan literasi siswa masih belum maksimal, kurangnya kemauan dalam hal membaca sehingga mereka malas untuk membaca buku. Apalagi yang berkaitan dengan ilmu matematika, kurannya kemampuan dalam hal menerjemahkan situasi ke dalam matematika. Siswa tidak mampu dalam berargumen yang melibatkan kombinasi beberapa elemen matematis. Siswa belum bisa melakukan interpretasi, menganalisis dan menyimpulkan suatu informasi secara matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kemampuan literasi matematis siswa yang ditinjau dari segi gender.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Subjek penelitian yaitu 20 orang siswa dengan kategori 10 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki kelas di SMP Negeri 1 Batanghari. Data penelitian ini didapatkan dari peneliti sendiri yang akan terjun langsung ke lapangan, dari hasil observasi, tes kemampuan literasi berjumlah tiga soal dengan tingkat prediksi level yang berbeda yaitu prediksi level 3, 4 dan 5.yang mengacu pada indikator kemampuan literasi yaitu matematisasi, komunikasi, serta penalaran dan argumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas di SMP Negeri 1 Batanghari berada rata-rata pada tingkat level 2. Sebanyak dua orang siswa laki-laki mencapai level 1, sebanyak enam belas orang siswa mencapai level 2 dan sebanyak 2 orang siswa mencapai level 3. Kemudian melalui tes kemampuan dan indikator ketercapaian siswa didapatkan bahwa adanya tingkat ketercapaian kemampuan literasi matematis antara siswa perempuan siswa laki-laki itu berbeda. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan struktur yang ada pada otak laki-laki dan perempuan berbeda. Kemampuan literasi matematis siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki yang masih terdapat dua orang siswa laki-laki yang berada pada level 1.
Kata Kunci: Gender, Ketercapaian level, Literasi matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:06 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9798 |
Actions (login required)
View Item |