Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Halal Awareness dan Pelayanan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Terhadap Minat Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Untuk Mendaftarkan Produknya di Kota Metro

Sari, Rani Permata (2024) Pengaruh Halal Awareness dan Pelayanan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Terhadap Minat Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Untuk Mendaftarkan Produknya di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RANI PERMATA SARI_2003011084.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil (UMK) memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Kota Metro sebagai kota dengan mayoritas penduduk muslim, permintaan akan produk halal tentunya sangat tinggi. Apalagi makanan dan minuman yang menjadi kebutuhan utama bagi konsumen. Untuk menjamin perlindungan bagi setiap konsumen terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Metro harus memberikan jaminan kehalalan terhadap produk yang dijual salah satunya dengan memiliki sertifikasi halal pada produk yang dijual. Ada beberapa fakto-faktor yang mempengaruhi minat pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Metro untuk mendaftarkan sertifikasi halal produknya, diantaranya yaitu halal awareness (kesadaran halal) dan Pelayanan.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis pengaruh halal awareness terhadap minat pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). (2) menganalisis pengaruh pelayanan Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) terhadap minat pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). (3) menganalisis pengaruh halal awareness dan pelayanan Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) terhadap minat pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk mendaftarkan Produknya di Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Kota Metro yang belum mendaftar sertifikasi halal sebanyak 19.954. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dengan menggunakan uji instrument yang terdiri dari uji asumsi klasik ( uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji auto korelasi, dan uji heteroskedastisitas). Selanjutnya dilakukan uji analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Dan kemudian dilakukan uji hipotesis (uji persial/ uji t, uji simultan/ uji f, dan uji koefisien determinasi/ uji R2.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variable halal awareness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat pelaku UMK dengan nilai thitung 4,532 > ttabel 1,984 pengaruh tersebut sebesar 30,1%. Pelayanan Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) secara parsial berpengaruh positif danmsignifikan terhadap minat pelaku UMK dengan nilai thitung 6,673 > ttabel 1,984 pengaruh tersebut sebesar 46,3%. Dan secara simultan terdapat pengaruh antara variable halal awareness dan pelayanan Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) terhadap minat pelaku UMK dengan nilai fhitung 157,201 > ftabel 3,09 pengaruh tersebut sebesar 76,4% sedangkan sisanya 23,6% minat pelaku UMK dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Halal Awareness, Pelayanan Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI)
dan Minat Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:22
Last Modified: 16 Jul 2024 06:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9801

Actions (login required)

View Item View Item