Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI MA Muhammadiyah Metro

Ghani, Muhammad (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI MA Muhammadiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Muhammad Ghani.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan indikator pembelajaran yang tidak lengkap di XI MA Muhammdiyah Metro. Rendahnya Hasil Belajar siswa kelas X MA Muhammdiyah Metro dalam pelajaran fiqih dapat di dibuktikan dari adanya nilai PAT siswa dalam pelajaran fiqih di semester genap. Nilai hasil belajar siswa yang memiliki nilai tidak tuntas sebanyak 62%, sedangkan siswa yang tuntas hanya 38%. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi PAT siswa kelas XI MA Muhammdiyah Metro dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran fiqih masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas XI MA Muhammadiyah Metro yang berjumlah 16 siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus (setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan), dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Test, observasi,dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA Muhammadiyah Metro dapat meningkatkan kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai hasil belajar pada siklus I yaitu mencapai 43.75%, sedangkan ketuntasan nilai hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 100%. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 52.25%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran fiqih dapat dikatakan meningkat.
Kata Kunci: Kognitif, Problem solving, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:22
Last Modified: 16 Jul 2024 06:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item View Item