Agustin, Rizka Amalia (2024) Pengaruh Lingkungan Sosial, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum, Bumiharjo, 39B Batanghari, Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RIZKA AMALIA AGUSTIN - 2003010057 - ESy.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Keputusan pembelian adalah proses yang dapat mencakup penentuan suatu jenis produk atau jasa yang akan dipilih sebagai bahan pertimbangan yang digunakan sebagai kebutuhan dalam proses keputusan pembelian. faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian suatu produk skincare bagi konsumen diantaranya adalah produk, harga, promosi, tempat dan lingkungan sosial. seperti halnya di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum, santri hanya melihat lingkungan sosial dan harga tanpa melihat labelisasi halal pada kemasan produk skincare dalam proses keputusan pembelian. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel independen dan dependen secara parsial maupun simultan.
Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi penelitian dengan metode asosiatif dan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan skala likert. jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 371 dan sampel yang didapatkan 79 santri pondok pesantren riyadlatul ulum yang diperoleh dari perhitungan rumus slovin. teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik random sampling. kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif yang meliputi uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, linearitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda dan uji hepotesis (uji parsial/t, uji simultan/f, koefisien determinasi, dan data d. Data Perhitungan Sumbangan Efektif), pengolahan data menggunakan program SPSS vers 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Skincare pada Santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum, Bumiharjo, 39b Batanghari, Lampung Timur, dengan Nilai thitung 2.539 > ttabel 1,992 pengaruh lingkungan sosial tersebut sebesar 32,8%. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Skincare pada Santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum, Bumiharjo, 39b Batanghari, Lampung Timur, dengan nilai thitung 4.159 > ttabel 1,992 pengaruh harga tersebut sebesar 27,2%.Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Skincare pada Santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum, Bumiharjo, 39b Batanghari, Lampung Timur, dengan nilai thitung 4.159 ttabel > 1,992 pengaruh labelisasi halal tersebut sebesar 12,3%. Secara simultan terdapat pengaruh antaralingkungan sosial, harga dan labelisasi halal dengan nilai Fhitung 65.958 > Ftabel 2,727 pengaruh tersebut sebesar 72,5%. Sedangkan sisanya, yaitu 27,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Lingkungan Sosial, Harga, Labelisasi Halal Dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:06 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9806 |
Actions (login required)
View Item |