Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Bercerita Untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Di TK PKK 1 Yosomulyo Metro

Putri, Luthfia Nur Rizquna (2024) Implementasi Metode Bercerita Untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Di TK PKK 1 Yosomulyo Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Luthfia Nur Rizquna Putri - 2001041012 - PIAUD.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Jumlah kekerasan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur saat ini sangat memprihatinkan, bahkan dapat dikatakan dalam kondisi kritis dan darurat, kekerasan seksual pada anak dapat menyebabkan trauma fisik dan mental yang parah dan berlangsung lama. TK PKK 1 Yosomulyo sebagai salah satu Lembaga Pendidikan yang memiliki konsentrasi pada Pendidikan seks pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita untuk mengenalkan pendidikan seks anak usia dini dan media apa saja yang digunakan untuk mengenalkan pendidikan seks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan seks memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini. Sebagai bekal bagi anak-anak untuk menghindari risiko dan bahaya di masa depan. Dengan memberikan informasi yang benar dan bertanggung jawab tentang seks, anak-anak dilindungi dari sumber informasi yang tidak dapat dipercaya. Jika mereka mendapatkan informasi dari sumber yang tidak bertanggung jawab, Kemungkinan besar mereka akan menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual. Oleh karena itu orang tua dan pendidik, penting untuk tidak merasa malu atau enggan untuk berbicara atau memberikan penjelasan yang tepat tentang pendidikan seks kepada anak-anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di TK PKK 1 Yosomulyo maka penulis menyimpulkan bahwa imlementasi metode bercerita untuk mengenalkan pendidikan seks anak usia dini di awali dengan menyiapkan media boneka perempuan dan laki-laki, menceritakan tentang batasan sentuhan yang boleh dilakukan pada lawan jenis, mendemonstrasikan perbedaan laki-laki dan perempuan menggunakan media gambar dan boneka, anak diajak untuk memerankan tokoh laki-laki dan perempuan, dan menyanyikan lagu-lagu anak untuk mengenal seks diakhir pembelajaran

Kata kunci: Pendidikan seks, metode bercerita, anak usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:08
Last Modified: 19 Jul 2024 01:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item