Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di RA Al-Hidayah Labuhan Ratu

Indriyani, Finka (2024) Analisis Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di RA Al-Hidayah Labuhan Ratu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FINKA INDRIYANI - 2001040011 - PIAUD.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan sosial emosional anak usia dini meliputi berbagai keterampilan yang terkait dengan interaksi anak dengan orang lain, pengelolaan emosi, serta pemahaman terhadap perasaan mereka sendiri dan perasaan orang lain. Pengembangan kemampuan sosial emosional sangatlah penting karena berperan dalam kesejahteraan anak secara keseluruhan dan kesuksesan mereka di sekolah serta dalam kehidupan sehari-hari. Anak anak dengan kemampuan sosial emosional yang baik cenderung lebih mampu menghadapi tantangan, membentuk hubungan yang sehat, dan menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran dan kehidupan yang dilakukan di RA Al-Hidayah Labuhan Ratu Lampung Timur yaitu, menggunakan metode finger painting. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan metode bermain finger painting dalam mengembangkan keterampilan sosial emosional anak serta faktor penghambat dan pendukung, pemanfaatan Metode Bermain Figer Painting dalam mengembangkan keterampilan sosial emosional anak di RA Al-Hidayah Labuhan Ratu Lampung Timur.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif yang berlokasikan di RA Al-Hidayah Labuhan Ratu Lampung Timur. Sumber data yang digunakan yaitu sumber Data Primer dan sumber Data Sekunder, metode pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa; 1) Metode Bermain Figer Painting dalam mengembangkan keterampilan sosial emosional anak di RA Al-Hidayah Labuhan Ratu Lampung Timur yaitu anak dapat berkembang dilihat dari anak dapat berdiskusi dan menjawab pertanyaan guru, anak mampu berbagi, menyelesaikan tugas bersama, anak mampu menunggu antrian. 2) Faktor pendukung bermain finger painting dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional yaitu sarana dan prasarana, media pembelajaran/ APE, dan keahlian guru dalam mengajar seperti keterampilan bertanya, memberikan penguatan, mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, membuka dan menutup kelas, membimbing diskusi kelompok, dan mengelola kelas. Adapun faktor penghambat bermain finger painting dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional yaitu keriatifitas anak, dan minat bermain anak.

Kata Kunci: Sosial Emosional, Bermain, Finger Painting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:12
Last Modified: 19 Jul 2024 01:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9812

Actions (login required)

View Item View Item