Pawistri, Dinda (2024) Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Metro. Undergraduate thesis, Instititut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI DINDA PAWSITRI - 2001010014 - PAI.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Gaya mengajar guru adalah tingkah laku, sikap dan perbuatan guru dalam melaksanakan proses pengajaran. Dalam proses belajar mengajar, gaya mengajar guru bertujuan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga siswa memiliki motivasi yang tinggi terhadap pelajaran yang disampaikannya. Ada empat jenis gaya mengajar guru yaitu gaya mengajar klasik, teknologis, personalisasi, dan interaksional. Motivasi belajar adalah sesuatu yang menimbulkan dorongan atau semangat belajar atau dengan kata lain sebagai pendorong seseorang untuk belajar. Motivasi belajar yang dimiliki oleh seseorang (siswa) dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya mengajar guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 3 Metro. Adapun hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N Metro.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 3 Metro. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment yang dilanjutkan dengan Uji T untuk menguji hipotesisnya.
Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment yang dibantu software SPSS versi 25 dengan diperoleh nilai t hitung sebesar 3.939 dengan t tabel df 48 sebesar 2,010 artinya t hitung lebih besar dari t tabel. Dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 3 Metro.
Kata Kunci : Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9815 |
Actions (login required)
View Item |