Widiana, Ela (2024) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 3 Totokaton. Undergraduate thesis, Instititut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI ELA WIDIANA - 2001011035 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu usaha sadar yang dilakukan pendidik melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk membantu siswa melalui proses kemanusiaan guna tercapainya pribadi yang dewasa. Pendidikan juga merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kehidupan manusia. Pendidikan sendiri memiliki fungsi sebagai pembantu peserta didik dalam pengembangan dirinya.
Hasil belajar adalah hasil dari sebuah interaksi dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari tingkah laku, nilai dan keterampialan. Watson mendefinisikan hasil belajar sebagai sesuatu yang dapat dilakukan oleh siswa yang sebelumnya tidak dapat mereka lakukan sebagai cerminan dari pencapaian kompetensi siswa.
Guru disini merupakan komponen paling penting dalam dunia pedidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Guru juga sebagai penentu keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses pembelajaran. Hal itu terjadi karena salah satu bidang penting dalam administrasi/menejemen pendidikan adalah berkaitan dengan personil/sumberdaya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah ada pengaruh kompetensi profesioanal guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar sisiwa SD Negeri 3 Totokaton?”. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Totokaton.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode angket sebagai metode pokok, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa/siswi kelas 4,5, dan 6 yang berjumlah 43 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh dari jumlah keseluruhan sample yaitu 43 siswa kelas 4,5, dan 6. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Totokaton. hal tersebut terbukti dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus chi Square dengan hasil 0,590> Chi kuadrat tabel signifikan 5% dengan nilai 41,337 maka dari pengujian hipotesis ini diterima. Kompetensi profesional guru memiliki pengaruh sebesar 37,8% serta membawa pengaruh dari hasil belajar di SD Negeri 3 Totokaton, sedangkan 62,2% dipengaruhi oleh faktor lain dalam diri.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9816 |
Actions (login required)
View Item |