Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai

Ridwan, Muhammad (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD RIDWAN - 1901011108 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Smk Ahmad Dahlan Sukadamai, dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan strategi ekspositori terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas SMK Ahmad Dahlan Sukadamai.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimen design dengan bentuk pretest dan posttest, dimana tes dua kali diberikan sebelum menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.

Populasi dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah seluruh peserta didik pada kelas X SMK Ahmad Dahlan Sukadamai berjumlah 42 siswa, dimana terdiri dari Kelas X Teknik Bisnis dan Sepedah Motor dan kelas X Perbakan syariah. dimana jumlah peserta didik masing-masing sebanyak 21 orang.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dokumentasi dan observasi sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik Independent Sample test, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik tanpa menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan nilai rata-rata 76,42. Hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan nilai rata-rata 88,09. Selanjutnya berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan Independent Sample Test melalui bantuan aplikasi SPSS di dapatkan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,004 < 0,05, maka H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sudah teruji oleh data. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X SMK Ahmad Dahlan Sukadamai. Implikasi dari penelitian ini yaitu pendidik memiliki tugas, salah satunya memilih strategi pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi yang diinginkan. Terkhusus bidang studi pendidikan agama islam agar menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.

Kata Kunci : Starategi Ekspositori, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:48
Last Modified: 03 Sep 2024 01:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9821

Actions (login required)

View Item View Item