Mardayanti, Firna Annisa (2024) Strategi Dakwah Owner Brand Yasyifa Dalam Memperkenalkan Produk Busana Muslim. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FIRNA ANNISA MARDAYANTI - 2004012006 - KPI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar didunia. Berbusana pokok ajaran islam, karena islam sebagai agama dakwah, yaitu sesuatu yang lengkap sesuai dengan fitrah insani, agama islam menunutun seluruh aspek kehidupan manusia dan memberikan pedoman untuk mengembangkan kebudayaan yang setinggi tingginya agar manusia berbahagia di dunia dan di akhirat. Di tengah marakanya Fashion Busana muslim hadirlah Brand Yasyifaa yang memiliki tujuan mulia, yakni bukan hanya berbisnis, namun juga menjadi mendakwahkan serta memfasilitasi kebutuhan fashion-fashion bagi muslim dan muslimah. Hal ini yang sangat menarik dan unik. Oleh karena itu Peniliti berfokus pada pertanyaan penelitian “Bagaimana Brand yasyifa melakukan dakwah islam melalui busana muslim?”. Selanjutnya tujuan selaras yakni mengetahui strategi dakwah brand Yasyifaa melalui busana muslim.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (fiel research), yang mana peneliti melakukan observasi lapangan ke lokasi dan mendapatkan data yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; observasi, interview, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tempat memperoleh keterangan dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah Desi Aristianti dan 3 customer sedangkan objek penelitiannya Brand Yasyifaa. Selanjutnya data yang didapat dianalisis mengguankan teknik analisis pendekatan kualitatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui strategi dakwah yang diterapkan oleh Yasyifaa dalam memperkenalkan produk busana muslim telah terbukti efektif dalam mencapai tujuan mereka. Melalui pemanfaatan media sosial, kampanye edukasi, kolaborasi dengan influencer, inovasi produk, serta pelayanan yang baik, Yasyifaa berhasil membangun brand yang tidak hanya dikenal karena kualitas produknya tetapi juga karena nilai-nilai Islami yang diusungnya. Yasyifaa menjadi contoh bagaimana sebuah brand dapat menggabungkan antara bisnis dan dakwah untuk menciptakan dampak positif yang luas di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:40 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9827 |
Actions (login required)
View Item |