Khofifaturrohmah, Latifah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Islam Darul Amin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Latifah Khofifaturrohmah.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu tipe model pembelajaran yang menggunakan kelompok kecil dengan jumlah anggota masing- masing kelompok 4-5 siswa. Kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran ini diawali dengan penyampaian tujuan dan motivasi serta materi pelajaran, kegiatan kelompok, kuis, kemudian terakhir penghargaan kelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasi belajar siswa. Hasil belajar adalah hasil akhir yang hendak dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurang ketertarikan siswa terhadap matematika yang mereka anggap sulit karena banyak berkaitan dengan rumus dan juga identik dengan perhitungan. Tidak hanya itu, siswa masih terdapat yang kurang memperhatikan guru saat sedang mengajar serta belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (Student Team Achievement Division) STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Islam Darul Amin.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan metode quasy eksperimental dan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini yaitu dua kelas IV, kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) dan kelas eksperimen (menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (soal urain berupa pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas (uji Lavene test), uji N-Gain, dan uji hipotesis (Mann-Whitney).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji Mann- Whitney, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar .017 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak karena 0,017 < 0,05. Maka dari itu, disimpulkan ―terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Islam Darul Amin‖.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:05 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9830 |
Actions (login required)
View Item |