Pramukti, Ilham Julian (2024) Penggunaan Metode Qiroati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Izzah Kelurahan Hadimulyo Timur Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ILHAM JULIAN.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan metode Qiroati merupakan salah satu faktor di Rumah Qur’an Al-Izzah yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Setiap metode mengajar yang dipilih dan digunakan, berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian hasil belajar yang diharapkan. Cara membacanya yang mudah yakniLangsung di eja. Contohَ ا َ ب dibaca A-BA, bukan Alif fatha A, Ba Fatha BA, dan dibaca pendek Jangan dibaca panjang Aa Baa atau A Ba, atau A, Ba.Oleh Karena itu pemilihan metode yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan, hendaknya diperhatikan ustadz pada saat perencanaan program pembelajaran, dan pada saat proses pembelajaran di kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Rumah Qur’an Al-Izzah Kelurahan Hadimulyo Timur? Adapun tujuan dari
Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan membaca Al-Quran santri diRumah Qur’an Al-Izzah Kelurahan Hadimulyo Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Rumah Qur’an Al-Izzah Kelurahan Hadimulyo Timur yang berjumlah 15 santri yang dirancang dalam dua siklus. Dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan setiap siklusnya.
Kata Kunci: Qiroati Al-Qur’an Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:05 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9831 |
Actions (login required)
View Item |