Zidan, Muhammad (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Nurul Huda Islamic School. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SKRIPSI Muhammad Zidan - 2001031021 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Guru adalah pelaksana proses belajar-mengajar di sekolah. Keberhasilan guru dalam mengajar ditentukan oleh banyak faktor salah satunya peran guru itu sendiri dalam proses pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dan apa saja faktor pendukung serta penghambat motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru sudah menjalankan perannya dengan baik seperti guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator dan fasilitator, guru sebagai evaluator sudah dilakukan dengan semestinya. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat diantaranya faktor internal yaitu aspek fisiologis dan aspek psikologis sedangkan faktor eksternal yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan non sosial.
Kata kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:45 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |