Safitri, Diah Ayu (2024) Analisis Kendala Pembelajaran Biologi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMAN 6 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DIAH AYU SAFITRI - 2001082002 - TADRIS BIOLOGI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan bangsa. Di Indonesia, perubahan kurikulum terus dilakukan untuk meningkatkan standar pendidikan, salah satunya adalah perubahan Kurikulum 2013 (K13) ke Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas bagi guru dan siswa, namun implementasinya tidak luput dari berbagai kendala. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kendala guru dalam pembelajaran biologi pada implementasi kurikulum merdeka belajar di SMAN 6 Metro. Jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi menghadapi berbagai kendala pada implementasi kurikulum merdeka. Kendala perencanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka seperti pemahaman dan adaptasi guru, keterbatasan sumber daya dan referensi, kesulitan mengelola waktu, kemampuan dan kebutuhan siswa yang beragam dan ketidaksesuaian modul pembelajaran dengan minat dan kebutuhan siswa. Selanjutnya, kendala pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka meliputi keterbatasan buku ajar siswa dan sumber belajar, kesiapan guru dalam penggunaan media, materi ajar terlalu luas dan metode pembelajaran terbatas, pembelajaran proyek dan keterbatasan waktu, variasi metode pembelajaran dan kebutuhan siswa, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran biologi belum optimal. Penelitian ini juga menemukan bahwa implementasi penilaian pembelajaran Biologi sesuai dengan Kurikulum Merdeka menghadapi beberapa kendala yaitu kesulitan mengubah pendekatan penilaian, keterbetasan waktu dan beban kerja yang tinggi, administrasi dan dokumentasi, serta keadilan dan objektivitas asesmen.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Kendala Pembelajaran, Biologi, SMAN 6 Metro, Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:20 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9836 |
Actions (login required)
View Item |