Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Pendampingan Orang Tua Dalam Belajar PAI Pada Anak Di Desa Selorejo

Fitriany, Rafida (2024) Peran Pendampingan Orang Tua Dalam Belajar PAI Pada Anak Di Desa Selorejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RAIFIDA FITRIANY - 1801012017 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Peran pendampingan orang tua perupakan suatu kegiatan yang dilakukan orang tua kepada anak dengan tujuan memberikan pengawasan dalam proses belajar anak. Peran pendampingan orang tua dalam belajar pendidikan agama Islam di Desa Selorejo merupakan pondasi kuat dalam membentuk karakter dan pemahaman agama pada generasi muda. Pertanyaan peneltiian ini yaitu mengenai bagaimana peran orang tua dalam pendampingan anak belajar pendidikan agama Islam di Desa Selorejo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan anak belajar pendidikan agama Islam di Desa Selorejo.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Sifat penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian tentang peran pendampingan orang tua dalam belajar pendidikan agama Islam pada anak di Desa Selorejo, dapat disimpulkan bahwa orang tua memainkan peran dalam pendampingan belajar anak yaitu : 1) Sebagai fasilitator, orang tua memberikan motivasi, kesempatan, dan dukungan kepada anak-anak dalam mempelajari agama Islam di rumah, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. 2) Sebagai pendidik, mereka memberikan masukan positif dan direktif, serta memberikan contoh dan pengorganisasian kegiatan belajar. 3) Sebagai pengawas kegiatan belajar anak, orang tua memantau kegiatan belajar anak, 4) Sebagai Pengawas waktu belajar anak, memastikan konsistensi dalam pembelajaran, dan menyediakan sumber belajar yang sesuai. 4) Mengawasi kesulitan belajar anak, memastikan anak-anak mereka belajar dengan efektif. 6) Membantu anak mengatasi kesulitan belajar, orang tua membantu anak-anak mengatasi kesulitan belajar dengan berbagai metode yang kreatif dan mendukung. Dengan demikian, peran orang tua dalam mendampingi anak-anak dalam belajar pendidikan agama Islam di rumah sangat penting untuk memastikan efektivitas dan keberhasilan pembelajaran.

Kata Kunci : Peran Orang Tua, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:24
Last Modified: 19 Sep 2024 07:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9846

Actions (login required)

View Item View Item