Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Santika, Nila (2024) Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Nila Santika - 2001030023 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Membaca adalah salah satu bagian dari aspek keterampilan berbahasa yang harus dimiliki setiap manusia terutama seorang siswa. Adapun empat keterampilan yaitu berbicara, membaca, menyimak, dan menulis. Membaca mempunyai peran penting selain untuk mendapatkan informasi dan juga dapat menambah wawasan bagi pembacanya. Membaca pemahaman yaitu suatu kegiatan dimana seseorang memahami isi bacaan, dan dibatasi pada pertanyaaan tentang apa, mengapa, bagaimana, dan menarik kesimpulan berdasarkan dari suatu bacaan. Kemampuan pemahaman yang dimiliki seseorang bukanlah kemampuan yang diturunkan dari generasi ke generasi, melainkan hasil dari proses belajar dan adanya latihan yang tekun. Membaca pemahaman adalah kegiatan membaca yang dilakukan untuk menangkap pokok pikiran yang mendalam sehingga pembaca memliki kepuasan tersendiri setelah membaca.

Kearifan lokal merupakan Suatu peninggalan memiliki nilai-nilai dimana nilai tersebut diyakini kebenarannya sehingga menjadi sebuah tradisi. Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal merupakan alat bantu yang dapat mengenalkan kearifan lokal pada peserta didik dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD, menganalisis kelayakan, dan menganalisis respon pendidik terhadap LKPD berbasis kearifan lokal pada materi puisi peserta didik kelas II MIN 1 Metro. jenis penelitian ini Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan wawancara, dokumentasi, angket. Adapun teknis analisis data yang digunakan analisis kelayakan media, analisis respon guru dan peserta didik.

Hasil penelitain dapat disimpulkan bahwa LKPD Bahasa Indonesia SD/MI berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran peserta didik kelas II sangat layak digunakan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan persentase hasil validasi dan uji coba produk. Hasil persentase yang diperoleh masing-masing diantaranya yaitu ahli media sebesar 100%, ahli materi sebesar 97,5%, respons guru sebesar 90%, respons peserta didik sebesar 83,75%, dan semua hasil termasuk kategori “Sangat layak”.

Kata kunci: Membaca pemahaman,lembar kerja peserta didik (LKPD), kearifan lokal, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:21
Last Modified: 23 Jul 2024 00:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9849

Actions (login required)

View Item View Item