Wahyuni, Shelly Putri (2024) Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Pada Industri RPM Konveksi Dusun Trikaton Desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SHELLY PUTRI WAHYUNI - 1903010064 - ESy.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Usaha konveksi adalah salah satu bidang usaha pembuatan busana. Pembuatan busana dalam bidang usaha ini biasanya dilakukan secara massal dengan menggunakan ukuran standar, untuk melayani kebutuhan masyarakat yang memerlukannya. Konveksi merupakan industri yang sangat menjanjikan akan keuntungan dengan maraknya trend atau mode pakaian di masyarakat. Dengan begitu banyak usaha-usaha kecil menengah yang memproduksi pakaian (konveksi) sehingga menimbulkan besarnya persaingan pasar. Hal ini mengakibatkan banyaknya usaha konveksi yang tidak mampu berkembang atau bahkan mengalami kemunduran. Namun dibalik tingginya persaingan pasar tersebut, masih terdapat banyak usaha konveksi yang tetap mampu menjaga eksistensinya atau bahkan berkembang, salah satunya yaitu usaha RPM Konveksi.
Adapun masalah dari penelitian ini adalah Faktor-Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Pada Industri RPM Konveksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Pada Industri RPM Konveksi. Jenis penelitian ini adalah field research dan bersifat kualitatif, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sebagai data primer, dalam penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu data yang diperoleh dari pemilik konveksi, karyawan , dan pelanggan RPM Konveksi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi-referensi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.
Berdasarkan pembahasan, dapat diketahui bahwa ada 6 faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha RPM (Rotasi Per Menit) Konveksi, yaitu faktor organisasi, pemasaran dan penjualan, peluang, sumber daya manusia, perencanaan, dan pengelolaan usaha. yang paling dominan mempengaruhi yaitu faktor organisasi serta faktor pemasaran dan penjualan, karena dengan adanya struktur organisasi akan terbangun jalur komunikasi yang baik antara atasan dengan karyawan dan terbangun sistem kerja yang baik. Sedangkan pemasaran dan penjualan harus meningkat karena dapat berpengaruh terhadap penjualan dan kepercayaan konsumen. Perkembangan yang terjadi dari faktor tersebut yaitu tercipta lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar, penjualan semakin meningkat karna adanya pengelolaan usaha yang baik dan peningkatan pendapatan meskipun belum signifikan.
Kata Kunci : Usaha Konveksi, Perkembangan Usaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:24 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9851 |
Actions (login required)
View Item |