Aliptia, Eni Putri (2024) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 4 Metro Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ENI PUTRI ALIPTIA - 2001030008 - PGMI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku. Namun kenyataannya masih terdapat siswa di SDN 4 Metro Utara khususnya kelas III yang mendapat hasil belajar kurang maksimal atau dibawah KKM. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bahkan siswa mengalami kesulitan apabila guru memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi pelajaran yang telah dipelajari. siswa sering kali diberikan kesempatan untuk bertanya namun siswa hanya diam tidak berani bertanya bahkan merasa malu sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 4 Metro Utara tahun pelajaran 2023/2024, dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa pada Tema 5 Perubahan Cuaca sub tema 2 dan 3 Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi yaitu guru kelas III sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Model pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas mengajar guru serta dokumentasi untuk mengetahui profil dan keadaan sekolah.
Hasil penelitian dengan penggunaan metode demonstrasi dapat diketahui bahwa presentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64% sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus II mampu mencapai 77% sehingga presentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 13%.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan, nahwa penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 4 Metro Utara Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata kunci : Penggunaan Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9853 |
Actions (login required)
View Item |