Sintyaningsih, . (2024) Penerapan Komik Aritmatika Sosial Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Sintyaningsih - 2001060016 - Tadris Matematika.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan media komik dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan penelitian eksperimen desain Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Tri Bhakti At-Taqwa tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari tujuh kelas. Dari populasi yang telah ditetapkan diambil sampel dua kelas dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, didapatkan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa.
Data pada penelitian ini berupa tes dan dokumetasi. Data yang dikumpulkan di analisis dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Data diolah dengan teknis analisis Uji-t dengan menggunakan SPSS V.26. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa nilai dari Asymp.Sig. (2-tailed) untuk uji penerapan penggunaan media komik sebesar 0,004 dengan = 0,05, dari data tersebut maka ditarik kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara yang menggunakan komik matematika dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Media Komik Aritmatika Sosial, Pemahaman Konsep Matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:27 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9854 |
Actions (login required)
View Item |