Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku Konsumsi Penggemar Korean Culture Perspektif Al-Ghazali (Studi Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah FEBI IAIN Metro Angkatan 2020)

Marisa, Fina (2024) Perilaku Konsumsi Penggemar Korean Culture Perspektif Al-Ghazali (Studi Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah FEBI IAIN Metro Angkatan 2020). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FINA MARISA__2003010024.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumsi Mahasiswi penggemar budaya Korea di Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro Angkatan 2020 dan menganalisis bagaimana perilaku konsumsi Mahasiswi penggemar budaya Korea perspektif Al-Ghazali di Jurusan Ekonomi Syariah
IAIN Metro Angkatan 2020.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu berhubungan langsung dengan objek yang diteliti. Prosedur penelitian yang dilakukan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sesuai kriteria atau ciri dalam menentukan informan yaitu Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro Angkatan 2020, telah menjadi penggemar budaya Korea minimal tiga tahun dan membeli barang-barang terkait K-Pop dan makanan Korea.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumsi mahasiswi penggemar budaya Korea di jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2020 berdasarkan teori konsumsi khususnya prinsip perilaku konsumsi Al-Ghazali menyimpang dan tidak sesuai. Tiga perilaku konsumsi yang tidak sesuai dengan prinsip perilaku konsumsi Al-Ghazali yaitu pertama Pembelian hanya didasari oleh keinginan dan kesenangan semata. Serta penggunaan uang yang mereka kumpulkan dari menyisihkan sangu dan gaji hanya untuk membeli barang-barang K-Pop bukan untuk kebutuhan masa yang akan datang. Perilaku tersebut tidak sesuai dengan prinsip kegiatan konsumsi dilakukan dengan berdasarkan pada aktivitas manusia yang memenuhi kebutuhan secara lahir dan batin. Kedua, mahasiswi membelanjakan uangnya untuk barang-barang K-Pop berlebihan atau israf. Perilaku berlebihan mahasiswi ini tidak sesuai dengan prinsip manusia harus memiliki sikap pemurah dalam konsumsi. Ketiga, Perilaku mahasiswi tidak sesuai dengan prinsip memperhatikan keadaan lingkungan disekitarnya karena hanya dua dari 10 orang informan yang peduli terhadap lingkungan dengan berdonasi pada penggalangan dana korban bencana alam. Menurut Al- Ghazali perilaku konsumsi seperti itu tidak sesuai bagi seorang yang beriman yang ingin memiliki derajat tertinggi dalam ketaatan.
Kata Kunci: Penggemar Budaya Korea, Perilaku Konsumsi, Teori Konsumsi Al- Ghazali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:21
Last Modified: 23 Jul 2024 00:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item