Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Determinan Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Lembaga Keuangan Syariah

Naimah, Rifda Yanti (2024) Faktor-Faktor Determinan Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Lembaga Keuangan Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Rifdayanti Naimah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Minat merupakan perasaan suka atau ketertarikan seseorang terhadap sesuatu yang muncul dari dalam diri maupun luar diri seseorang tanpa adanya paksaan dari orang lain. Dalam penelitian ini diketahui bahwa masyarakat di desa Negeri Ratu cenderung kurang berminat menjadi nasabah di LKS, dengan alasan lokasinya jauh serta masih kurangnya pengetahuan mengenai sistem operasional di LKS. Adapun faktor-faktor determinan minat masyarakat menjadi nasabah di LKS yaitu faktor ekternal meliputi promosi, lokasi, fasilitas pelayanan, danpengetahuan produk, serta faktor internal meliputi pekerjaan, gaya hidup serta sikap dan keyakinan.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor determinan minat masyarakat menjadi nasabah di LKS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini adalah masyarakat desa Negeri Ratu sejumlah 1.705 jiwa. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 masyarakat yang berada di desa Negeri Ratu yang ditentukan dengan menggunakan rumus dari Isaac dan Micheal dengan tarif kesalahan 10%. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner dengan menggunakan skala likert yang kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 26.

Hasil penelitian diketahui bahwa: faktor eksternal minat masyarakat menjadi nasabah di LKS yaitu 1) promosi dengan persentase sebesar 50%, 2) lokasi dengan persentase sebesar 70%, 3) fasilitas pelayanan dengan persentase sebesar 64%, 4) pengetahuan produk dengan persentase sebesar 48%, dan faktor internal minat masyarakat menjadi nasabah di LKS yaitu 1) pekerjaan dengan persentase sebesar 50%, 2) gaya hidup dengan persentase sebesar 65%, sikap dan keyakinan dengan persentase sebesar 67%. Di lihat dari persentase tertinggi minat masyarakat menjadi nasabah di LKS yaitu faktor eksternal pada indikator lokasi. Hal ini disebabkan lokasi LKS yang cukup jauh dan bisa di bilang LKS masih sedikit sehingga membuat masyarakat desa Negeri Ratu kurang berminat menjadi nasabah di LKS. Konsumen atau nasabah pasti menginginkan lokasi bank yang strategis dan mudah di jangkau.
Kata Kunci: Minat, Faktor Eksternal, dan Faktor Internal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:24
Last Modified: 19 Sep 2024 07:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9860

Actions (login required)

View Item View Item