Kharisma, Mutiara (2024) Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV A MI Tarbiyatul Athfal Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MUTIARA KHARISMA - 2001030021 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di MI Tarbiyatul Athfal, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih jauh dari KKM yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar Matematika yaitu kurang nya peserta didik dalam memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, ada 6-8 peserta didik yang mengobrol saat guru menjelaskan, dan belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Sehingga peserta didik kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru yang berakibat rendahnya hasil belajar Matematika di kelas IV.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Tarbiyatul Athfal. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus nya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Athfal pada mata pelajaran Matematika tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 20 Peserta Didik yang terdiri dari 14 peserta didik perempuan dan 6 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada mata pelajaran Matematika materi pembulatan hasil pengukuran pada siklus I adalah 45% dan materi segi banyak beraturan dan tidak beraturan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 30% menjadi 75%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 70%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika MI Tarbiyatul Athfal.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Mata Pelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:28 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9861 |
Actions (login required)
View Item |