Kusuma, Miko Cahya (2024) Upaya Guru Meningkatkan Maharah Kitabah Pada Kelas 8 MTs Mambaul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Miko Kusuma.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini pertama, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan maharah kitabah pada kelas VIII Mts mambaul ulum. Kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan maharah kitabah pada kelas VIII Mts mambaul ulum metro.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara menghasilkan data deskriptif berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Upaya guru untuk meningkatkan maharah kitabah adalah (1) Guru menyiapkan kosakata (mufradat) kemudian membacanya dan setelah itu ditulis oleh siswa, (2) Guru menggunakan media atau metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, (3) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab, (4) Guru memperjelas materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Sebelum memulai aktivitas menulis, (5) Guru menginformasikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran yang akan dipelajari, (6) Guru mengajarkan menulis dengan waktu yang cukup.
Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Maharah Kitabah. 1, tersedianya sumber belajar yang mendukung seperti buku paket bahasa Arab dan kamus bahasa Arab. Kemudian sarana dan prasarana juga cukup memadai. 2.Yang menjadi faktor penghambat kurangnya minat peserta Didik dalam menulis teks bahasa arab Dan latar belakang pendidikan peserta didik sebelumnya.
Kata kunci :Upaya, meningkatkan maharah kitabah bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:28 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9862 |
Actions (login required)
View Item |