Putri, Dora Nurfeka (2024) Penerapan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD NU Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DORA NURFEKA PUTRI - 1901031022 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Berdasakan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di SD NU Metro kelas IV A, ditemukan permasalahan terkait dengan pembelajaran IPAS. Permasalahan yang ditemukan pada siswa kelas IV SD NU Metro yakni kebanyakan siswa kesulitan dalam mengingat materi yang harus diingat dan banyak pembagian-pembagiannya. Oleh karena itu, siswa membutuhkan model pembelajaran khusus yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat dan mencatat materi yang sedang dipelajari.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPAS. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif.
Dari dua siklus diperoleh hasil bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil posttest pada siklus II lebih baik dari hasil posttest pada siklus I. pada siklus I terdapat 8 siswa (33%) yang tuntas dan 16 siswa (67%) yang belum tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 10 siswa (42%) yang tuntas dan 14 siswa (58%) yang belum tuntas. Adapun pada siklus I menunjukkan 60% siswa termotivasi untuk belajar, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 66% siswa termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci : mind mapping, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 00:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 00:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9867 |
Actions (login required)
View Item |