Sari, Vicha Youlanda (2024) Peran Guru Dalam Mengenalkan Huruf Melalui Media Big Book Di RA Aisyiyah At-Tanwir Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI VICHA YOULANDA SARI - 2001042009 - PIAUD.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan bahasa pada peserta didik dapat berdampak kurang baik, peserta didik akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi sehingga, pentingnya peran guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa peserta didik dengan mengenalkan huruf. Mengenal huruf merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada setiap peserta didik melalui belajar dengan mengenal bentuk, bunyi pada huruf abjad. Berkaitan dengan perkembangan bahasa, dalam hal ini peran guru sangatlah penting, karena guru merupakan sosok penting dalam mengenalkan huruf pada peserta didik di sekolah. Oleh karena itu, seorang guru juga perlu memilih media yang tepat untuk diberikan pada saat pembelajaran di kelas. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengenalkan huruf melalui media big book di RA Aisyiyah At-Tanwir Metro Barat.
Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif lapangan dan bertempat di RA Aisyiyah At-Tanwir Metro Barat. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini merupakan guru wali kelas dan guru pendamping sebagai sumber data primer. Tekhnik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan triangualasi sumber dan triangulasi tekhnik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh bahwa peran guru dalam mengenalkan huruf melalui media big book di RA Aisyiyah At-Tanwir Metro Barat, guru berperan sebagai 1. Pembimbing seperti: memberikan arahan terhadap peserta didik yang belum mampu memahami huruf dengan baik. 2. Guru sebagai demonstrator seperti: mencontohkan secara langsung terkait media yang digunakan. 3. Guru sebagai motivator seperti: memberikan support dan saran terhadap peserta didik yang sudah mampu mengenal huruf atau belum mampu mengenal huruf. 4. Guru sebagai fasilitator seperti: memberikan fasilitas terhadap pengenalan huruf untuk disampaikan kepada peserta didik.
Kata Kunci: Peran Guru, Mengenal Huruf, Media Big Book
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9871 |
Actions (login required)
View Item |