Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Kotagajah

Permadani, Anggun (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Anggun Permadani - 2001072002 - T. IPS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 2 Kotagajah pada mata pelajaran IPS masih banyak siswa dengan hasil belajar rendah. Selain itu permasalahan terkait dengan penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum relevan dalam mencapai hasil belajar siswa. Siswa kurang interaktif dan kurang fokus saat pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan diadakannya penelitian ini untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah dengan jumlah 315 siswa. Bentuk pengambilan sampel dengan Cluster Sampling yaitu kelas eksperimen VIII F berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol kelas VIII E berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan metode test, dan sebagai data penunjang yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistic deskriptif dan uji-t (Independent Sample T-Test) dengan bantuan SPSS 26. Untuk melihat peningkatan data hasil belajar peneliti menggunakan N-Gain Score.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, thitung > ttabel (3.014 > 2000) maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample t-test bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hipotesis menyatakan Adanya Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Selain itu diperoleh nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,56 termasuk kedalam kategori sedang. Sementara untuk rata-rata kelas kontrol N-Gain score sebesar 0,44 termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan penggunaan model pembelajaran Time Games Tournament terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 2 Kotagajah.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:30
Last Modified: 19 Sep 2024 07:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9873

Actions (login required)

View Item View Item