Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas VII MTs N 4 Lampung Selatan

Putri, Citra Melisa (2024) Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas VII MTs N 4 Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Citra Melisa Putri - 1801010019 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Quran merupakan keanggupan seseorang dalam membaca kalam Allah SWT sesuai dnegan kaidah bacaan yang bernar. Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran adapun permasalahan rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kebanyakan dikarenakan guru dalam menyampaikan kurang menarik perhatian siswa dan pada umumnya guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi pelajaran. Sehingga siswa dalam memahami dan menguasai materi masih kurang yang ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa cenderung rendah

Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an kelas VII MTS Negeri 4 Lampung Selatan tahun Pelajaran 2023/2024. Metode peneltiian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawanara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisa kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi penggunaan metode drill dilakukan pada penelitian ini mengarah pada ranah kognitif peserta didik dengan melalui beberapa tahap yaitu siswa terlebih dahulu diberi dengan pengetahuan secara teori, guru memberikan contoh latihan ayat sebelum diberikannya latihan tentang materi pembelajaran yang telah diberikan, guru memberikan latihan ayat-ayat tentang materi yang telah diberikan, kemudian dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru, guru mengoreksi dan membetulkan kesalahan-kesalahan latihan yang dilakukan oleh siswa, siswa diharuskan mengulang kembali latihan untuk mencapai gerakan otomatis yang benar, guru melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik, dengan lembar tes. Implementasi metode drill dapat dijadikan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di MTs N 4 Lampung Selatan.

Kata Kunci : Metode Drill, Kemampuan Membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:33
Last Modified: 24 Jul 2024 00:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9877

Actions (login required)

View Item View Item