Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 8 Metro

Darmansah, Yovian Chery (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 8 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YOVIAN CHERY DARMANSAH - 2001072016 - T. IPS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Jigsaw merupakan model pembelajaran dengan cara mengelompokkan peserta didik dan mengarahkan kegiatan pembelajaran dengan cara berdiskusi, hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat membangun keaktifan dan meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 8 Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dan desain penelitian Noneequivalent (pretst-posttest) Control Group Design. Lokasi pada penelitian ini ialah di SMP Negeri 8 Metro. Subyek pada penelitian ini ialah sebanyak 64 peserta didik dengan 32 peserta didik kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan Pretest dan Posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengujian instrument dalam penelitian, pengujian prasyarat analisis serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t (One Sampel t-test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 8 Metro. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 19,062%. Dengan hasil Uji N-Gain sebesar 74,83 dengan kategori tinggi. Hasil uji t dilihat dari hasil uji One Sampel T-test diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,042. Dimana 0,042 < 0,05 H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat diartikan bahwa hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa Terdapat Pengaruh Model Pembeajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 8 Metro.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:33
Last Modified: 24 Jul 2024 00:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9878

Actions (login required)

View Item View Item