Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa

Fitriana, Ipanka (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IPANKA FITRIANA - 2001071011 - T. IPS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran IPS antara lain penggunaan model pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum optimal, rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII Di SMP Negeri 7 Metro

Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu Quasi Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 7 Metro. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test, dan uji n-gain score.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa observasi aktivitas pembelajaran guru mengalami peningkatan dari pertemuan 1 hingga pertemuan 2. Pada pertemuan 1 aktivitas guru memiliki jumlah skor rata-rata sebesar 3,07 sehingga mendapatkan kriteria baik kemudian pada pertemuan 2 aktivitas guru memiliki jumlah skor rata-rata sebesar 3,57 sehingga mendapatkan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 hingga pertemuan 2. Pada pertemuan 1 aktivitas belajar siswa memiliki jumlah skor rata-rata sebesar 3,00 sehingga mendapatkan kriteria baik kemudian pada pertemuan 2 aktivitas belajar siswa memiliki jumlah skor rata-rata sebesar 3,61 sehingga mendapatkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe talking stick mengalami peningkatan dari kriteria awalnya baik menjadi sangat baik. Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test. Diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian dibuktikan juga dengan vii nilai t-hitung sebesar 7.408 > t-tabel 2,002, sebagaimana dasar pengambilan keputusan jika nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa "Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa." Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick juga terbilang efektif dalam meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa, terbukti dengan uji N Gain skor pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,44 dimana pada nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Pemahaman Konsep Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:37
Last Modified: 07 Aug 2024 02:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9884

Actions (login required)

View Item View Item