Yanti, Ayu Rohma (2024) Pengaruh Media Balok Tehadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ma’arif Taman Fajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AYU ROHMA YANTI - 2001041002 - PIAUD.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Media pembelajaran yang digunakan guru tidak meluas dan hanya menggunakan satu media dari banyaknya media yang dapat digunakan. Sebagian anak didik masih kesulitian mengenal bentuk geometri melalui gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui adanya pengaruh media balok terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Ma’arif Taman Fajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik non parametrik Mann Whitney, menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest posttest kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari data hasil uji Mann Whitney yang peneliti lakukan didapatkan hasil nilai Sig (0,000) < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwasanya Ha diterima dan Ho ditolak. Yang mana artinya adalah adanya pengaruh media balok terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Ma’arif Taman Fajar. Berdasarkan hasil analisis data, maka didapatkan nilai Sig (0,000) < 0,05 yang menunjukkan bahwa media balok berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Ma’arif Taman Fajar. Di sarankan guru dapat meningkatkan kegiatan inti dengan menggunakan variasi metode dan media pembelajaran yang lebih menarik dan juga guru diharapkan dapat mempertahankan cara membangun suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan.
Kata Kunci: Media Balok, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:05 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9886 |
Actions (login required)
View Item |