Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Kartu Bridge Pada Siswa Kelas X SMK Karya Wiyata Punggur

Gusnadi, M. Riyan (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Kartu Bridge Pada Siswa Kelas X SMK Karya Wiyata Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
M. RIYAN GUSNADI 2001061013 -.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan media pembelajaran yang digunakan di sekolah sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis permainan kartu bridge pada siswa kelas X SMK Karya Wiyata Punggur dengan materi logaritma dan respon peserta didik terhadap hasil pengembangan media pembelajaran berbasis permainan kartu bridge dengan materi logaritma.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode design research jenis development studies serta mengacu pada didactical research model Hudson. Prosedur metode penelitian ini mengikuti beberapa tahap yang terdiri dari analisis, design, validasi, uji coba skala kecil, revisi uji coba skala kecil, uji coba skala besar dan penyempurnaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Karya Wiyata Punggur. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli dan respon peserta didik.

Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan penilaian dari validasi ahli media memperoleh rata-rata hasil hasil validasi sebesar 93,5% dengan kriteria validasi yaitu “sangat layak”. Selanjutnya hasil dari validasi materi memperoleh rata-rata hasil validasi sebesar 82,5% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil analisis dari angket respon peserta didik pada tahap uji coba skala kecil memperoleh rata- rata persentase sebesar 95% dengan kriteria “sangat menarik” dan pada tahap uji coba skala besar memperoleh rata-rata persentase sebesar 93% dengan kriteria “sangat menarik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan kartu bridge kriteria layak dan menarik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Bridge, Logaritma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:33
Last Modified: 24 Jul 2024 00:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9889

Actions (login required)

View Item View Item