Ilham P, D. Frezza (2024) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI D. FREZZA ILHAM P - 2001070009 - T. IPS.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh pemahaman siswa yang kurang dalam memahami materi yang disampaikan guru. Selama proses pembelajaran siswa tidak fokus pada materi yang disampaikan guru, siswa sering mengobrol, dan siswa merasa bosan dengan pembelajaran, karena hanya mencatat dan mendengarkan. Siswa kurang terlibat secara aktif dalam pembelajaran karena kurangnya variasi pembelajaran yang diterapkan guru. Untuk membuat proses pembelajaran menjadi aktif dapat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dalam peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini telah dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Punggur yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu 75% dari seluruh siswa dalam kelas.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini dibuktikan dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I yaitu 35,29% dan pada Siklus II yaitu 82,35%. Peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 47,06%. Peningkatan aktivitas siswa pada Siklus 1 58,5% atau 1,72 dan pada Siklus II 88,5% atau 2,60. Presentase aktivitas guru pada Siklus I 71,05% dan pada Siklus II 86,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur.
Kata kunci: Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:08 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9893 |
Actions (login required)
View Item |