Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Guide Book Pada Permainan Tradisional Ular Naga Dalam Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini

Hafidzah, Nisrina Nur (2024) Pengembangan Guide Book Pada Permainan Tradisional Ular Naga Dalam Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NISRINA NUR HAFIDZAH - 2001040025 - PIAUD.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti saat melakukan research atau penelitian di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Metro Pusat. Masalah yang dimaksud adalah terbatasnya pengenalan terhadap permainan tradisional ular naga dan kurangnya kemampuan aspek sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun. Dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas B3, terdapat metode pembelajaran kooperatif di mana guru mengarahkan anak-anak untuk belajar bekerja sama dan mengendalikan emosi dengan baik melalui pembelajaran kelompok yang melibatkan permainan tradisional ular naga selama waktu belajar di kelas. Namun, anak-anak mengalami kesulitan dalam mengenal aturan permainan tradisional ular naga tersebut dan kesulitan dalam berinteraksi dengan teman-teman sekelas. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media berupa Guide Book atau buku panduan yang memodifikasi permainan tradisional ular naga untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model Borg dan Gall menguraikan beberapa tahap dalam penelitian dan pengembangan R&D. Tahap-tahap tersebut mencakup: a) tahap pengumpulan data, b) tahap perencanaan, c) tahap pengembangan produk, dan d) tahap validasi atau uji coba, dan e) tahap revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti meliputi instrumen observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis kelayakan media oleh ahli media, ahli materi, dan respon guru. Kuesioner digunakan untuk validasi oleh ahli media dan ahli materi serta uji coba validasi respon guru terhadap media Buku Panduan. Uji coba terhadap media Buku Panduan dilakukan pada siswa kelas B3 yang terdiri dari 33 murid, dengan 22 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli media dilakukan sebanyak dua kali dengan satu responden, menghasilkan persentase akhir sebesar 83% yang dikategorikan sebagai "sangat layak." Validasi oleh ahli materi juga dilakukan dua kali dengan satu responden, menghasilkan persentase akhir sebesar 92,5% yang juga termasuk dalam kategori "sangat layak." Sementara itu, validasi uji coba kuesioner oleh guru dilakukan satu kali dengan satu responden, mendapatkan persentase sebesar 86,11% yang dikategorikan sebagai "sangat layak."

Uji coba terhadap peserta didik dilakukan sebanyak dua kali dengan 33 responden. Pada uji coba tahap pertama, total keseluruhan skor adalah 434 dengan persentase total sebesar 36,44%. Pada uji coba tahap kedua, total keseluruhan skor meningkat menjadi 715 dengan persentase total sebesar 60,18%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media Buku Panduan yang telah dikembangkan oleh peneliti "sangat layak" untuk digunakan dalam pembelajaran permainan tradisional ular naga dalam aspek sosial emosional anak usia dini.

Kata Kunci : Aspek Sosial Emosional, Permainan Tradisional Ular Naga, Guide Book

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:29
Last Modified: 25 Jul 2024 00:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9898

Actions (login required)

View Item View Item