Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Kotak Pintar Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun

Rahmawati, Avica Feby (2024) Pengembangan Media Kotak Pintar Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AVICA FEBY RAHMAWATI - 2001040008 - PIAUD.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan media kotak pintar di lembaga pendidikan anak usia dini Puspa Kencana Punggur belum maksimal, media kotak pintar dapat digunakan untuk pembelajaran bagi anak kelompok A dan kelompok B. Fokus penelitian yang dilakukan pada kelompok A dilatar belakangi oleh adanya anak didik yang kesulitan dalam kemampuan membaca permulaan sehingga belum mampu mengenal abjad secara keseluruhan, permasalahan lain yang ditemukan yaitu kemampuan dalam membedakan huruf kapital dan huruf kecil, kemampuan membaca gabungan suku huruf menjadi kata, media yang digunakan dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini lebih fokus kepada media buku cerita, sticker abjad, poster abjad dan kartu abjad secara sederhana.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis kotak pintar melalui uji kelayakan dan efektivitas. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan Riset and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan yaitu Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melibatkan ahli media, ahli materi, dan hasil uji coba secara empiris. Hasil rekomendasi dari ahli media dan ahli materi terletak pada aspek desain media dan keterbacaan yang telah dilakukan tindakan perbaikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kotak pintar yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan skor rata-rata sebesar 92,65% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk terhadap 20 peserta didik sebagai responden menunjukkan skor rata-rata sebesar 77,19% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media kotak pintar yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan dalam aktivitas pembelajaran bagi anak usia dini.

Kata Kunci: Kotak Pintar, Media Pembelajaran, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:30
Last Modified: 25 Jul 2024 00:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9902

Actions (login required)

View Item View Item