Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Rumah Pintar Angka Dalam Pembelajaran Literasi Numerasi Bagi Anak Usia 5-6 Tahun

Rahmadian, Riesta (2024) Pengembangan Media Rumah Pintar Angka Dalam Pembelajaran Literasi Numerasi Bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIESTA RAHMADIAN - 2001040027 - PIAUD.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media rumah pintar angka dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki keterbatasan kemampuan literasi numerasi terutama untuk kemampuan berhitung seperti dalam penyebutan bilangan 1-10. Terlihat ketika anak menyebutkan angka secara bersamaan terdengar suara teriakan kencang, berbanding terbalik ketika ditunjuk satu persatu dalam penyebutan angka. Sebanyak 4 dari 20 anak memiliki literasi numerasi untuk kemampuan berhitung yang rendah; dalam menyampaikan pembelajaran guru lebih cenderung menuliskan bilangan lebih dahulu tanpa mengenalkan simbol-simbol literasi numerasi; anak kesulitan dalam mencocokkan lambang bilangan.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran rumah pintar angka yang peneliti sebut dengan RUPIKA, menganalisis kelayakan media rumah pintar angka untuk literasi numerasi anak usia dini pada ranah kemampuan berhitung, dan menganalisis efektivitas penggunaan media rumah pintar angka dalam aktivitas pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan yang lebih dikenal dengan sebutan Research And Development (R&D). Model yang dikembangkan mengadopsi dari model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 usia 5-6 tahun PAUD Puspa Kencana Sidomulyo sebanyak 20 orang anak sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melibatkan ahli media, ahli materi, dan hasil uji coba secara empiris. Hasil rekomendasi dari ahli media dan ahli materi terletak pada aspek desain media dan keterbacaan yang telah dilakukan tindakan perbaikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kotak pintar yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan skor rata-rata sebesar 97,08% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk terhadap 20 peserta didik sebagai responden menunjukkan skor rata-rata sebesar 78,96% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media rumah pintar angka yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan dalam aktivitas pembelajaran bagi anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: Literasi Numerasi, Media Pembelajaran, Rumah Pintar Angka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:30
Last Modified: 25 Jul 2024 00:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9903

Actions (login required)

View Item View Item