Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Strategi Promosi Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Produk Murabahah PT. BPRS Metro Madani KC. Unit II Tulang Bawang

Nurjannah, Nurjannah (2024) Efektivitas Strategi Promosi Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Produk Murabahah PT. BPRS Metro Madani KC. Unit II Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURJANNAH - 2003022017 - PBS.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Promosi berasal dari kata promote dalam bahasa inggris yang diartikan sebagai mengembangkan atau meningkatkan. Promosi merupakan kegiatan menginformasikan produk baik barang maupun jasa kepada masyarakat sehingga masyarakat sadar dan tertarik untuk membelinya. Dalam penelitian yang telah dilakukan ini diketahui bahwa strategi promosi yang dilakukan BPRS Metro Madani Kantor Cabang Unit II Tulang Bawang menggunakan tiga strategi yang telah diterapakan yaitu menggunakan strategi periklanan (Advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan Pemasaran langsung (Direct Marketing).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan terkait strategi Promosi dilingkungan bank memiliki nilai pasif pada nasabah yang menabung terutama lingkungan terdekat Bprs Metro Madani oleh BPRS Metro Madani Kantor Cabang Unit II Tulang Bawang dalam menarik minat nasabah pada produk Murabahah. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriktif kualitatif. Sesuai dengan penelitian yang bersifat deskriktif kualitatif yaitu suatu penelitian yang memfokuskan pada penelitian lapangan (Field Research). Dalam mengambil sampel wawancara menggunakan Sampling Purposive.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh BPRS Metro Madani Kantor Cabang Unit II Tulang Bawang dalam menarik minat nasabah pada produk Murabahah adalah dengan menggunakan strategi periklanan (Advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan Pemasaran langsung (Direct Marketing). Meskipun terjadi fluktuasi dalam jumlah nasabah, strategi promosi yang diterapkan telah berhasil menarik minat nasabah baru serta mempertahankan nasabah yang sudah ada. Adanya berbagai strategi yang digunakan, mulai dari promosi tradisional hingga digital, memberikan bukti bahwa PT BPRS Metro Madani KC Unit II Tulang Bawang telah berusaha dengan baik dalam mempromosikan produk Murabahah.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Jul 2024 00:46
Last Modified: 26 Jul 2024 00:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9907

Actions (login required)

View Item View Item