Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan UMKM Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Waroeng Cemal Cemil Mba Ana Desa Sidokerto Lampung Tengah)

Lestari, Tri Arsi (2024) Strategi Pengembangan UMKM Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Waroeng Cemal Cemil Mba Ana Desa Sidokerto Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Tri Arsi Lestari - 1903012054 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Strategi pengembangan pada dasarnya adalah rencana dan langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan manajemen strategi dalam sebuah usaha. Pengembangan usaha ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan usaha tersebut agar tetap produktif dan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal secara terus menerus. Seperti halnya pengembangan usaha yang dilakukan oleh Waroeng Cemal Cemil Mba Ana yang terletak di desa Sidokerto, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha dan analisis strategi pengembangan usaha Waroeng Cemal Cemil Mba Ana dilihat dari perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan deskriptif kualitatif dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik usaha, karyawan dan konsumen Waroeng Cemal Cemil Mba Ana, sedangkan dokumentasi diperoleh dari data-data yang diperoleh dilapangan. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan tringulasi teknik. Serta analisis data yang digunakan teknik induksi yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.

Hasil penelitian diketahui bahwa Waroeng Cemal Cemil Mba Ana dalam strateginya mengutamakan strategi pengembangan melalui pemasaran produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Akan tetapi, dalam pengembangan produk belum ada inovasi dimana pemilik usaha hanya menambahkan menu baru yang banyak dijual pedagang lain tetapi tidak melakukan inovasi produk. Dalam etika bisnis Islam Waroeng Cemal Cemil Mba Ana kurang bertanggung jawab atas pengantaran produk dengan sistem delivery order yang mengakibatkan konsumen kecewa.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:03
Last Modified: 29 Jul 2024 09:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9916

Actions (login required)

View Item View Item