Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Metro Barat

Azharine, Hanin (2024) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Metro Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HANIN AZHARINE -1901031030 - PGMI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Media Gambar cocok digunakan di UPTD SD Negeri 1 Metro Barat karena, guru masih menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Serta hasil belajar siswa masih dibawah 50% tuntas dari nilai KKM. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri untuk membuat proses pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi menyenangkan, serta siswa dapat menjadi lebih aktif dalam belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media pembelajaran Media Gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di UPTD SD Negeri 1 Metro Barat? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa kelas III UPTD SD Negeri 1 Metro Barat dengan menggunakan media pembelajaran media gambar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan media Pembelajaran Media gambar berseri. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPTD SD Negeri 1 Metro yang berjumlah 16 siswa. Dengan penelitian yang terdiri dari dua siklus , dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I diketahui keterampilan menulis siswa sebesar 50%, Sedangkan pada siklus II hasil kerja siswa sebesar 100%, jadi 16 dari 16 siswa yang sudah tuntas. Tingkat ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 50% menjadi 100%. Maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan keterampilan menulis dengan nilai KKM 75. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran media gambar telah mencapai target yang diinginkan dan berhenti pada siklus II.

Kata kunci : Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia, dan Media Gambar Berseri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:56
Last Modified: 01 Aug 2024 01:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9928

Actions (login required)

View Item View Item