Khoirunisa, Nurul (2024) Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Dengan Karakter Siswa MTs Satu Atap Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
TESIS NURUL KHOIRUNISA - 2271010072 - PAI.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Salah satu yang menjadi faktor yang mempengaruhi karakter siswa adalah lingkungan. Lingkungan internal, yang dimaksudkan adalah kecerdasan seseorang dalam berfikir sebelum bertindak. Dengan kecerdasan emosional yang baik dan optimal dari siswa maka siswa akan menampilkan karakter yang baik. Selain itu, kecerdasan spiritual siswa juga dapat mempengaruhi karater. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan siswa dalam memberikan makna ibadah di dalam setiap kegiatan. Dengan adanya kedua kecerdasan ini, diharapkan siswa dapat menampilkan karakter yang baik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap karakter siswa, kecerdasan spiritual terhadap karakter siswa, dan adakah hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan karakter siswa.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan variabel bebas kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, variabel terikat karakter siswa. Populasi sebanyak 143 siswa dengan sampel yang digunakan yaitu 47 siswa. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi linear berganda.
Hasil penelitian Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan variabel X1 (Kecerdasan Emosional) dan Y (Karakter), perhitungan diperoleh hasil Uji R nilai rhit sebesar 0,905 > rtab pada taraf siginifikansi 5% yaitu 0,288 nilai Sig. Sebesar 0,00 < 0,05 terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X1 dengan Y. Hubungan variabel X2 (Kecerdasan Spiritual) dengan Y (karakter), perhitungan diperoleh hasil Uji R sebesar rhit 0,596 > rtab 2,88 dan nilai sig 0,00 < 0,05, berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kecerdasan spiritual dengan karakter Siswa. Uji F sebesar nilai Ftab sebesar 102, 274 sedangkan nilai Fhit pada taraf signifikan 5% yaitu, 3,21 artinya Ftab > Fhit atau 102, 274 > 3,21. Nilai Sig 0,000 < 0,05 berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan karakter Siswa.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa karakter siswa akan semakin baik jika kecerdasan emosional dimiliki dengan baik dan kecerdasan spiritual dimiliki dengan baik, dan sebaliknya karakter siswa akan buruk kecerdasan emosional dimiliki dengan kurang baik dan kecerdasan spiritual dimiliki dengan kurang baik.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional dan Spiritual, Karakter Siswa , MTs Satu Atap Darun Nasyi’in.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:42 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9929 |
Actions (login required)
View Item |