Asmarani, Latifah (2024) Strategi Komunikasi Pengelola Instagram @ponpesriyadlatululum Dalam Penyampaian Informasi Dan Dakwah Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari 39B Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Latifah Asmarani - 1904011016 - KPI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Di zaman yang semakin maju, era digital menjadikan komunikasi memasuki babak baru. Teknologi yang semakin berkembang menjadikan internet lebih mudah di akses dan lebih diminati oleh halayak umum. Karena mempermudah berkomunikasi dan berinteraksi. Aplikasi pun sudah banyak dibuat untuk memadai teknologi tersebut. Salah satu layanan media bertukar informasi yang muncul karena adanya internet adalah Instagram.
Akun Instagram @ponpesriyadlatululum adalah salah satu sarana yang digunakan untuk menyebarkan informasi dan dakwah langsung dari Pondok pesantren. Saat ini akun @ponpesriyadlatululum memiliki 4.521 pengikut dengan 288 postingan. Strategi ini efektif dengan bukti bahwa banyaknya wali santri atau santri yang mendaftar Pondok pesantren tanpa melihat langsung keadaan Pondok pesantren. Namun, meskipun telah mengalami pasang surut dalam kehadirannya hingga saat ini, pemanfaatan Instagram masih belum maksimal. Terjadinya miskomunikasi antar divisi menyebabkan hanya sebagian orang saja yang menjalankan tugas dan sebagian lainnya tidak bekerja dengan maksimal karena merasa tidak diberikan tugas. Keterbatasan alat yang memadaipun juga menyebabkan tim sulit untuk meng-explore lebih luas tentang media terutama ketika ada event besar atau penting di pondok pesantren termasuk larangan untuk membawa alat elektronik bagi santri juga menjadi keterbatasan tim . Kekurangan sumber daya manusia yang benar benar menguasai di bidang media juga dirasa memberatkn suatu pihak dalam melakukan pekerjaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pengelola Instagram @Ponpesriyadlatululum dalam Penyampaian Informasi dan Dakwah di Pondok pesantren Riyadlatul Ulum. Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif lapangan (field research) dimana penulis terjun langsung ke lapangan untuk menganalisis secara langsung. Dengan adanya penelitian lapangan maka peneliti akan menjabarkan secara luas dan menafsirkan strategi komunikasi yang digunakan dalam penyampaian informasi dan dakwah. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan 3 metode yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pengelola dalam menyampaikan dakwah ada 5 strategi yaitu stretegi perencanaan, stretegi mendapatkan pesan, strategi mengolah pesan, strategi penyampaian pesan dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:05 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9931 |
Actions (login required)
View Item |