Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di UPTD SD Negeri 2 Gantimulyo

Haryanti, Defi Syifa (2024) Peranan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di UPTD SD Negeri 2 Gantimulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEFI SYIFA HARYANTI -1701050007 - PGMI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa. Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar banyak terjadi proses yang cukup kompleks, oleh karena itu agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, efektif, dan efisien serta dapat mencapai tujuan yang sesuai dengan yang diharapkan maka diperlukan adanya strategi pembelajarn yang baik. Mengingat keberhasilan proses belajar mengajar yang baik sangat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang tepat, maka seorang guru tentunya harus memiliki strategi yang tepat agar peserta didik dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan.

Guru adalah pribadi kunci di kelas karena besar pengaruhnya terhadap perilaku dan belajar siswa, yang memiliki kecenderungan meniru dan beridentifikasi. Hal-hal yang berpengaruh itu antara lain otoritas akademis dannon akademis, kesehatan mental, kesenangan, cita-cita dan sikap dan suasana kelas yang diciptakan oleh guru serta tindakan-tindakannya.

Peranan guru dalam memotivasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di UPTD SDN 2 Gantimulyo mempunyai peranan dalam memberikan informasi kepada murid tetapi guru Bahasa Indonesia juga mempunyai kesulitan menghadapi murid yang kurang aktif ,. Disisi lain guru bahasa indonesia di UPTD SDN 2 Gantimulyo sudah memenuruhi secara indikator penelitian hanya saja dalam belajar mengajar masih menggunakan gaya pengajaran teacher centered, yang artinya guru menjadi fokus utama dalam belajar mengajar, kurangnya melakukan umpan balik terhadap murid yang kurang aktif

Kata Kunci: Guru, Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:06
Last Modified: 05 Aug 2024 03:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9932

Actions (login required)

View Item View Item