Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Nurul Huda Batanghari Lampung Timur

Puspitasari, Netri (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Nurul Huda Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NETRI PUSPITASARI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai ligkungan hidup secara tepat dimasa yang akan datang.

Dalam presurvey yang dilakukan pada tanggal 23 Januari 2024 di MTs Nurul Huda diperoleh data bahwa, MTs Nurul Huda Batanghari merupakan sekolah formal yang didalamnya memiliki banyak kegiatan, shalat dhuha sebelum jam pertama masuk, mengahafal suratan sebelum pelajaran dimulai, dan dalam pelajaran fiqih ada pelajaran BPI (Bimbingan Praktik Ibadah) dimana guru Fiqih setelah materi disampaikan kemudian langsung kepada praktek ibadah dari materi yang sudah disampaikan. Misalnya menyampaikan materi ketentuan shalat lima waktu kemudian dipraktekan secara langsung di masjid, dan masih banyak lagi kegiatan didalam kelas, misalnya diskusi kelompok dalam pelajaran Fiqih. Adakah pengaruh dalam strategi pembelajaran Cooperative Learning terhadap keaktifan belajar siswa di Mts Nurul Huda Kelas VIII Batanghari Lampung Timur?

Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang menekankan keterlibatan semua peserta didik melalui kegiatan diskusi kelompok kecil. Kelompok kecil tersebut terdiri dari beberapa peserta didik yang kemampuan berbeda. Dengan demikian, akan terjalin kerja dan sikap saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ditugaskan. Tujuan Penelittian: a. Untuk mengetahui strategi pembelajaran yang ada di MTs Nurul Huda Batanghari Lampung Timur. b. Untuk mengetahui perkembangan keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Batanghari Lampung Timur. c. Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Kooperatif terhadap keaaktifan belajar siswa di MTs Nurul Huda Batanghari Lampung Timur. Manfaat Peneletian ini yaitu: a. Menambah khasanah keilmuan dalam hal mengembangkan strategi pembelajaran cooperative disekolah dengan mata pelajaran fiqih. b. Sebagai acuan penelitian lebih lanjut. c. Untuk menambah pengetahun dan wawasan berfikir untuk penulis dan pembaca.

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan data-data berupa angka. Deskriptif kuantitatif merupakan penelitian yang menekankan analisinya pada data-data numerical atau angka yang di olah dengan metode statistika.

Jenis penelitian adalah korelasi sebab-akibat. Penelitian korelasi sebab- akibat adalah penelitin yang digunakan untuk mencari sebab terjadinya suatu masalah dan akbat dari permasalahan yang ada artinya, untuk mencari sebab dari variable X (variabel bebas) dan akibat dari variabel X yaitu Variabel Y (terikat). Jadi, dapat dihubungkan dengan penelitian penulis bahwa yang menjadi sebab adalah Pengaruh strategi pembelajaran Kooperatif (Variabel X) dan akibatanya adalah terhadap keaktifan siswa (Variabel Y). Penelitiaa ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh strategi pembelajaran Kooperatif (Variabeel X) terhadap keaktian belajar siswa (Variabel Y).
Kata Kunci: strategi pembelajaran, keaktifan belaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:13
Last Modified: 08 Oct 2024 07:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9943

Actions (login required)

View Item View Item