Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Uncletees

Hani, Fabio Vieri (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Uncletees. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Fabio Vieri Hani -1804041062 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Konteks bisnis UMKM, strategi pemasaran memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan dan keberlanjutan usaha. Penelitian ini mencakup analisis terhadap strategi pemasaran yang diterapkan oleh Uncletees serta identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi daya saing UMKM di era ekonomi kreatif. Dengan fokus pada peningkatan kualitas produk, pemasaran yang efektif, dan strategi peningkatan pangsa pasar, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya strategi pemasaran dalam konteks UMKM.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi lapangan untuk mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen terkait strategi pemasaran Uncletees. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dari pemilik dan karyawan toko, serta data sekunder dari dokumen perusahaan dan jurnal terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk meningkatkan penjualan toko Uncletees adalah dengan menggunakan teori bauran pemasaran yaitu Price, Place, Promotion, dan Physical Evidence. Strategi ini meliputi penetapan harga yang sesuai, promosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp, serta memberikan potongan harga.

Selain itu, pemasaran langsung melalui mulut ke mulut dan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan juga memberikan kontribusi signifikan. Faktor faktor seperti inovasi produk, pemasaran digital, dan kerjasama dengan komunitas lokal terbukti berkontribusi positif terhadap peningkatan penjualan dan popularitas Uncletees di pasar

Kata kunci: Strategi Pemasaran,UMKM, Ekonomi Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Aug 2024 00:06
Last Modified: 12 Aug 2024 00:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9955

Actions (login required)

View Item View Item