Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode SOAR (Studi pada Permata Fruit Bar)

Rahayu, Tiara (2024) Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode SOAR (Studi pada Permata Fruit Bar). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TIARA RAHAYU - 2003012050.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Salah satu usaha pada bidang kuliner yang mempunyai cukup persaingan adalah usaha kedai. Permata Fruit Bar merupakan salah satu kedai yang ada di Kota Metro. Keunggulan Permata Fruit Bar yaitu menggunakan bahan baku berkualitas dan kualitas pelayanan yang baik. Permata Fruit Bar juga mempromosikan produknya melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan Tiktok. Namun Permata Fruit Bar memiliki beberapa kendala yang dihadapi yaitu seperti tidak ada pembagian kerja yang jelas, memiliki cabang usaha yang tidak berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis Permata Fruit Bar dengan metode SOAR.

Penelitian ini berjenis field research atau penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yang digunakan yaitu pemilik usaha, karyawan, dan konsumen, sedangkan sumber data sekunder menggunakan buku, jurnal yang relevan dan juga dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Jenis sampel yang digunakan yaitu Incidental Sampling.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan hasil bahwa strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan bisnis Permata Fruit Bar dengan metode SOAR yakni 1) melakukan riset pasar dan menciptakan suasana nyaman di tempat usaha, 2) memaksimalkan penggunaan media sosial dengan memanfaatkan fitur yang ada serta terus berinovasi dengan produk yang menarik dan bekerjasama dengan influencer, 3) aktif meminta dan mendengarkan feedback pelanggan dan konsisten dalam pelayanan, 4) jelas dalam menyampaikan informasi terkait produk, harga dan mengadakan program member dengan memberikan keuntungan khusus.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Bisnis, SOA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:37
Last Modified: 30 Jul 2024 08:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9956

Actions (login required)

View Item View Item