Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Digital Pengusaha Mikro Pada Sektor Ekonomi Kreatif di Kota Metro

Hotimah, Nanda Khusnul (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Digital Pengusaha Mikro Pada Sektor Ekonomi Kreatif di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Nanda Khusnul Hotimah_2003011070.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Literasi digital adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha terutama usaha mikro. Hal ini dikarenakan apabila para pelaku
usaha tidak menguasai literasi digital maka akan berdampak pada kurang
berkembangnya untuk usaha mikro yang dijalani. Salah satunya seperti para pelaku usaha mikro yang ada di Kota Metro. Agar usaha yang dijalani semakin baik dan berkembang hingga bisa membuat usahanya lebih dikenal secara luas, maka para pelaku usaha mikro dikota Metro harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi literasi digital. Literasi digital dapat ditimbulkan melalui kemampuan digital, dan kepemahaman digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen secara persial maupun simultan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrument pengumpulan data mengguanakan kuesioner dengan skala likert. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 853 usaha mikro dan sampel yang didapatkan sebanyak 63 dengan menggunakan perhitungan rumus Issac dan Michael. Yang digunakan sebagai sampel yaitu pelaku usaha mikro Kota Metro yang termasuk dalam ekonomi kreatif, dalam penelitian ini hanya mengambil 3 dari 17 subsektor ekonomi kreatif yaitu Kuliner, Fashion, dan Kerajinan. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Purpose sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif yang meliputi uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi) , analisis regresi linier berganda,dan uji hipotesis (uji parsial/t, uji simultan/f dan koefisien determinasi), pengolahan data menggunakan program SPSS vers 25.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan digital tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi digital pengusaha mikro pada ekonomi kreatif di Kota Metro dengan nilai thitung 0,896 > ttabel 1,671 pengaruh tersebut sebesar 9,5%. Kepemahaman digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi digital pengusaha mikro pada ekonomi kreatif di Kota Metro dengan nilai thitung 3,824 > ttabel 1,671 pengaruh
tersebut sebesar 45,1%. Dan secara simultan terdapat pengaruh positif antara kemampuan digital dan kepemahaman digital terhadap literasi digital pengusaha mikro pada ekonomi kreatif di Kota Metro dengan nilai Fhitung 36,190 > Ftabel 3.15 pengaruh tersebut sebesar 54,6% sedangkan sisanya sebesar 45,4% literasi digital dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kemampuan Digital, Kepemahaman Digital dan Literasi Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:43
Last Modified: 02 Aug 2024 01:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9963

Actions (login required)

View Item View Item