Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peralihan Strategi Operasional Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman)

Alvina, Poppy Reza (2024) Peralihan Strategi Operasional Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
POPPY REZA ALVINA.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kepuasan nasabah merupakan bagian yang sangat krusial bagi keberhasilan lembaga keuangan. Kepuasan nasabah didukung dengan strategi operasional yang dilakukan oleh lembaga keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi operasional yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman terhadap kepuasan nasabah.

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan atau (field research). Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisa kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Metro Sudirman menggunakan strategi kualitas pelayanan yang mencangkup beberapa aspek yaitu: reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati), dan tangible (bukti fisik). Bentuk kualitas pelayanan pada aspek reliability (keandalan) yaitu bahwa transaksi dan layanan lainnya berjalan lancar tanpa hambatan, serta selalu memberikan apa yang telah dijanjikan kepada nasabah. responsiveness (ketanggapan) yaitu ketanggapan dengan merespons pertanyaan, keluhan, dan permintaan nasabah dengan cepat dan efisien, assurance (jaminan) yaitu memberikan jaminan melalui pengetahuan dan keterampilan staf yang profesional serta komunikasi yang jelas dan transparan, emphaty (empati) yaitu menunjukkan empati dengan memperlakukan setiap nasabah secara pribadi, mendengarkan dengan seksama, dan memahami kebutuhan unik merek, dan tangible (bukti fisik) yaitu memastikan bahwa fasilitas fisik seperti ruang tunggu, ATM, dan interior kantor selalu dalam kondisi baik dan nyaman.
Kata Kunci : Strategi Operasional, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:43
Last Modified: 02 Aug 2024 01:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9964

Actions (login required)

View Item View Item